PPSMB Palapa dan Swagayugama


Selamat malam pencinta budaya! 😀 Sekarang sedang masa-masa pasca-euphoria ospek Universitas nih, PPSMB (Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru) Palapa. PPSMB Palapa kali ini mengusung tema Integrasi Keilmuan dalam Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN dengan Semangat Nilai Pancasila. Setelah membentuk formasi iconic pada tahun-tahun sebelumnya mulai dari Kepulauan Indonesia, Bendera Merah Putih, Garuda Pancasila, kali ini, GAMADA membuat formasi logo ASEAN.

ini dia!

ASEAN PALAPA

diambil dari akun Twitter resmi PPSMB UGM

Keren ya? Haha. Kalau melihat foto formasi, mimin jadi ingat kala itu membuat formasi Bendera Merah Putih (ketahuan deh angkatan berapa) haha.

Tahun ini, UKM-UKM tingkat universitas kembali diberikan kesempatan untuk memeriahkan baik pembukaan dan penutupan PPSMB Palapa, salah satunya adalah UKM Swagayugama yang tampil ketika penutupan tadi sore.

Swagayugama menampilkan Beksan Menak Kakung Jayengrana >< Kelanjejali oleh Adven Risang Priyambada FMIPA 2011 sebagai Jayengrana dan Seta Wikandaru PSA 2013 sebagai Prabu Kelanjejali. Beksan ini diambil dari Serat Babad Menak yang menceritakan tentang peperangan antara Jayengrana dari Negari Koparman dan Prabu Kelanjejali dari Negari Kelan. Pada peperangan ini, Prabu Kelanjejali kalah sehingga Negari Kelan menjadi negara taklukan Negari Koparman (kemudian cerita ini berlanjut hingga Negari Kelan bersekutu dengan Negari Koparman melalui pernikahan Jayengrana dengan putri mendiang Prabu Kelanjejali, Dewi Kelaswara etc. etc.).

Super sekali ceritanya, tetapi mimin masih pusing, belum tahu garis cerita dari Serat Babad Menak. hehehe

Check these out!

Jayengrana

Jayengrana

Kelanjejali

Prabu Kelanjejali

DSC_4805e

DSC_4818e Terlihat mesra? Eits, ini masih adegan perang. Setelah ini, Prabu Kelanjejali memukul Jayengrana!!

DSC_4820eDSC_4834e

Bagaimana? Menarik bukan? Hehehe

Ketemu lagi di postingan selanjutnya ya! Salam budaya! 😀

Terima kasih banyak kepada Mas Hardian dari UKM UFO (Unit Fotografi) UGM yang telah mengabadikan momen ini 🙂

(re: mahfudz)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *